h Bermain sambil belajar: Penggunaan Elekronik (E) pada e-government, e-learning, e-health dan e-employment

fian-switch ngeblogs!

External links - Jquery Semua yang tertuang diblog ini yaitu Informasi mengenai IT. Artikel dan software kita bisa download dengan gratis dan sepuasnya disini. Anda bisa mengomentari dari tulisan-tulisan ini dan memberikan masukkan, memberikan informasi mengenai IT diluar, dilingkungan kerja maupun di perkuliahan anda. Mari kita tingkatkan IT di Indonesia.

Indonesia Go Open Source ?

External links - Jquery Hari gini masih bayar?? sekarang udah zamannya gretongan hee..hee..alias gratisan.Hampir semua negara maju dan berkembang sekarang sedang menggalakkan Open Source, termasuk Indonesia. Kalau loe-loe semua punya cerita tentang Open source, kita bisa sharing di blog ini atau kalian juga bisa kunjungi http://opensource-indonesia.com. Mari kita dukung Indonesia Open Source.

Indonesia Go Open Source ?

External links - Jquery Want to get rid of the blogger toolbar in new blogger that just came out of beta ? If you have shifted your blogspot blog from old blogger to the new blogger beta, you may have noticed that the previous CSS code to remove the blogger navbar will no longer be effective. That's because Google now uses different CSS tags to display the blogger bar. [#navbar-iframe instead of #b-navbar] If you want to hide the navbar in your blogger blog, here's what you should do ! (these instructions refer to the "new" Blogger layouts templates) GO GET IT GUMGUM:)

Super Sexy Bookmarks Widget for Blogger !

Thumbnail image that says sleek button using photoshop that links to a Photoshop tutoril. Looking for professional Social Bookmark Buttons for your blog ! me too :) however, while i was searching the net too, I came across a post by Naeemnur, that had instructions for Blogger (BlogSpot.com) based blogs which was really good.If you have a blog on blogger you can definitely give this a try.

Its very attractive social bookmarking widget ! it can help you to let your visitors bookmark your page effectively .

for instructions about the use of this SEXY Social bookmarking widget ! you can go here and get it GUMGUM:)

Selasa, 20 Desember 2011

Penggunaan Elekronik (E) pada e-government, e-learning, e-health dan e-employment

E-Government

E-Government merupakan penerapan teknologi informasi yang digunakan untuk meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak lain yang membutuhkan informasi mengenai pemerintahan di negara tersebut. Contoh hubungan/layanan yang dapat digunakan pada penerapan teknologi informasi tersebut yaitu 
  • Pembuatan izin untuk institusi untuk mengurus usahanya
  • Pembuatan E-KTP untuk mendata masyarakat yang terdapat di daerah tersebut
  • Pemberitahuan-pemberitahuan yang penting bagi masyarakat
  • Beasiswa daerah
  • Dan lain sebagainya
Manfaat dari E-Government ini yaitu :
  • Masyarakat dapat mendapatkan informasi kapan saja dan dimana saja, karena masyakat tidak perlu datang ke kantor pemerintah. Dengan membaca pada website pemda yang disediakan 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.
  • Adanya keterbukaan (tranparansi) anatara pemerintah dengan pelaku bisnis dan masyarak umum. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan kesemua pihak dan menjadi lebih teratur tanpa harus mengantri untuk mengurusnya.
  • Pekerjaan pemerintah menjadi lebih efisien. Semua pengurusan dapat dikerjakan dengan email, bahkan video conference. 
Contoh dari E-Goverment yaitu http://bekasikota.go.id/

Diatas merupakan screenshot dari website pemerintah kota bekasi :
Kelebihan dari website tersebut:
  • Terdapat informasi-informasi mengenai kota bekasi
  • Website ini terdapat informasi dan berita mengenai ormas dan masyarakat bekasi
  • Terdapatnya agenda walikota bekasi, sehingga dapat diketahui kegiatan-kegiatan walikota
  • Informasi-informasi tidak hanya sekitar wilayah kota bekasi tetapi nasional dan mancanegara
Kekurangan website ini yaitu :
  • Tampilannya kurang menarik, warnanya kurang serasi.
  • Informasi mengenai pendidikan sekolahan sampai universitas tidak update
  • Informasi mengenai enterprener dan usaha kecil dan menengah kurang update

E-Learning
E-Health merupakan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan. eHealth memiliki arti yang luas bukan hanya sekedar internet atau dotcom saja. eHealth merupakan solusi Enterprise di bidang kesehatan karena melibatkan banyak pihak mulai dari masyarakat sampai dengan Produsen Obat/Farmasi. Electronic Medical Records (EMR) merupakan bagian fundamental dari eHealth. EMR memberikan fasilitas sharing data medical record antar institusi kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, dll).
Selain EMR, bagian terpenting lainnya dari eHealth adalah Telemedicine. Telemedicine dapat digambarkan sebagai “akses cepat untuk memberikan keahlian medis secara remote dengan memanfaatkan ICT, tidak tergantung dimana pasien itu berada atau informasi itu diletakkan”. Dalam keadaan gawat darurat, ketersediaan telemedicine dapat menjadi sangat penting karena dapat menigkatkan tindakan medis kepada pasien.
E-Health dalam berbagai hal dapat meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas dan efektifitas dari pelayanan yang diberikan. Menurut Denise Silber, eHealth didefinisikan sebagai aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan.
Aplikasi atau solusi eHealth meliputi produk, sistem dan pelayanan yang menjadi lebih sederhana dengan aplikasi berbasis internet. eHealth meliputi aplikasi untuk para profesional dan otoritas kesehatan yang lebih baik daripada sistem kesehatan pribadi untuk masyarakat dan pasien. Sebagai contoh adalah health information networks, electronic medical records, telemedicine services, personal wearable and portable communicable systems, health portals, dan banyak teknologi komunikasi dan informasi lain yang bertujuan membantu pencegahan, diagnosa, perawatan, monitoring kesehatan, dan manajemen gaya hidup.

Kesimpulan :
eHealth dalam berbagai hal dapat meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas dan efektifitas dari pelayanan yang diberikan. Aplikasi atau solusi eHealth meliputi produk, sistem dan pelayanan yang menjadi lebih sederhana dengan aplikasi berbasis internet. eHealth meliputi aplikasi untuk para profesional dan otoritas kesehatan yang lebih baik daripada sistem kesehatan pribadi untuk masyarakat dan pasien.

sumber : http://www.batan.go.id/
    Contoh dari E-health yaitu http://www.surabaya-ehealth.org/


    Kelebihan website tersebut yaitu :
    • Terdapat tips dan triks mengenai penyembuhan dan pencegahan beberapa jenis penyakit
    • Terdapat artikel tentang kesehatan
    • adanya tips dan triks mengenai perubahan musim untuk kesehatan
    Kelemahan website tersebut yaitu :
    • Belum adanya video mengenai pencegahan kesehatan
    • Belum adanya image atau foto mengenai ciri-ciri sebuah penyakit atau yang terjangkit penyakit tersebut : contoh foto mengenai ciri-ciri orang yang terjangkit penyakit HIV/AIDS
    E-Learning
    E-learning adalah pembelajaran yang menggunakan media elektronik, khususnya dengan perangkat komputer. Definisi ini tidak hanya mencakup pada perangkat keras (hardware) tetapi juga perangkat lunak (software) dan pihak-pihak yang terlibat (brainware).
    E-learning biasa disebut pula dengan istilah online learning, virtual learning, distributed learning, networked atau web-based learning. Semua mengacu pada makna yang sama dan dalam penerapannya akan menggunakan teknologi komputer seperti intranet dan internet. E-learning telah mengubah paradikma pembelajaran yang berpusat pada pembelajar (teacher centered learning) menjadi berpusat pada pebelajar (student centered learning). Pembelajaran tidak lagi bergantung pada pembelajar  karena pembelajar bukan lagi menjadi satu-satunya sumber pengetahuan bagi pebelajar. E-learning memungkinkan pebelajar untuk mengakses informasi yang akurat dan up to date tanpa hambatan ruang dan waktu. Kemudahan mengakses e-learning membuat pebelajar dapat belajar dari mana saja dan kapan saja asal memiliki koneksi internet yang memadai.
    Pembelajaran menggunakan e-learning dapat terjadi tanpa harus adanya tatap muka antara pembelajar dan pebelajar. Pembelajar tinggal mengunggah materi dan memberikan evaluasi melalui situs e-learning. Demikian pula dengan pebelajar, mereka dapat membuka situs e-learning dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan tanpa harus meninggalkan pekerjaan dan tempat mereka. Teknologi e-learning saat ini semakin berkembang pesat karena relatif murah namun memiliki jangkauan yang luas tanpa dibatasi kondisi geografis sehingga memungkinkan penyelenggaraan pendidikan secara luas. Menurut Henderson (2003) e-learning menjadikan peningkatan kualitas dan melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan dalam pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran dapat dilakukan secara lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah.

    Contoh website e-learning yaitu http://elearning.gunadarma.ac.id/, http://e-dukasi.net/
    Screenshot dibawah ini merupakan edukasi.net

    Keuntungan website ini yaitu :
    • Sudah terdapat pembelajaran dari sekolah SD, SMP dan SMA
    • Terdapat bahan pembelajaran
    • Semua pelajaran dari SD, SMP dan SMA ada
    • Terdapat soal ujian yang dapat dipilih
    Kelemahan website ini yaitu :
    • Tampilan kurang menarik
    • Belum terdapat pembelajara untuk mahasiswa
    • Belum adanya forum tanya jawab

    E-Employment
    E-Employment adalah web dimana terdapat beberapa lowongan kerja. Jadi e-Employment adalah wadah dimana terdapat lowongan kerja yang berisikan detai – detail akan yang dibutuhkan. e-Employment berfungsi untuk membantu para mereka – mereka yang membutuhkan lowongan kerja.
     Contoh website e-employment yaitu: www.karir.com

    Kelebihan website tersebut yaitu :
    • Tidak harus pelamar ke kantor tersebut, hanya dengan kirimkan email saja
    • Hampir semua lowongan kerja tersedia
    • Dapat memilih daerah yang diinginkan
    Kekurangan website tersebut yaitu :
    • Tidak mengetahui letak kantor yang kita tuju
    • Banyak sekali pilihan pekerjaan sehingga membingungkan.

    0 komentar:

    Posting Komentar | Feed

    Posting Komentar



     

    Pengikut

    Bermain sambil belajar Copyright © 2009 REDHAT Dashboard Designed by SAER