Pengertian E-Commerce
Kebutuhan akan manusia semakin meningkat barang dan jasa pun mudah didapatkan saat ini. Seiring perkembangan teknologi barang dan jasa dengan mudah didapatkan. Banyak orang yang menawarkan atau memperdagangkan produknya melalui elektronik, sehingga perdagangan tersebut bernama E-commerce yang diperkenalkan pada tahun 1994 bertujuan untuk promosi atau iklan pada halaman website.
Sebelumnya, pengertian dari e-commerce tersebut dapat kita katakan sebagai elektronik komersial atau perdagangan elektronik yang artinya pembelian, penjualan dan juga pemasaran barang dan jasa menggunakan sistem elektronik seperti internet. Penjualan barang dan jasa menggunakan internet ini dengan menggunakan halaman website (WWW) dengan menampilkan gambar barang serta harga dari barang tersebut dan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas. Saat ini banyak sekali e-commerce atau website penjualan yang bertebaran di internet sehingga pengusaha atau perusahaan tidak hanya terpaku pada tempat tetapi dengan e-commerce perbedaan geografis pun dapat mengakses atau membeli produknya.
Pengusaha atau perusahaan yang menggunakan e-commerce memerlukan tenaga IT yang handal untuk membuat halaman website dan penyimpanan (database). Selain itu e-commerce membutuhkan surat elektronik (email), nomer rekening dan jasa pengiriman yang tepat waktu untuk perdagangan produknya.
Cara kerja pembelian dengan e-commerce yaitu
Pembeli dapat melihat barang pada halaman website
Memilih barang yang diinginkan dengan shopping cart
Transfer sejumlah uang sesuai barang yang dipilih
Konfirmasi menggunakan telepon atau email
Kelebihan E-commerce
Perdagangan dengan menggunakan elektronik mempunyai kelebihan bagi pengusaha (perusahaan) atau pun konsumen (pembeli).
Pengusaha tidak perlu mengeluarkan uang lebih. Contohnya : tidak perlu untuk menyewa atau membeli tempat (gedung) untuk memasarkan barang atau jasa).
Pengusaha dapat memasarkan barang dan jasa tidak menggunakan letak geografis. Contohnya : barang atau jasa yang dipasarkan menggunakan website tidak terbatas yang terpenting terdapat akses internet.
Konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi. Contohnya : pembeli tidak terlalu dipusingkan untuk ke tempat perusahaan atau pengusaha barang tersebut, karena semua informasi sudah tercantum didalam website.
Konsumen tidak perlu mengantri untuk membeli barang atau produk, yaitu dengan tunggu dirumah saja barang sudah sampai dengan pengiriman.
Kelemahan E-commerce
Selain kelebihan yang dapatkan e-commerce juga mempunyai kelemahan berdagang melalui elektronik.
Tidak semua orang (konsumen) dapat menggunakan komputer dan internet.
Barang yang dijual tidak uptodate dan informasinya kurang lengkap.
Barang yang di kirim ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan konsumen.
0 komentar: