h Bermain sambil belajar: 3D Game Engine OGRE

fian-switch ngeblogs!

External links - Jquery Semua yang tertuang diblog ini yaitu Informasi mengenai IT. Artikel dan software kita bisa download dengan gratis dan sepuasnya disini. Anda bisa mengomentari dari tulisan-tulisan ini dan memberikan masukkan, memberikan informasi mengenai IT diluar, dilingkungan kerja maupun di perkuliahan anda. Mari kita tingkatkan IT di Indonesia.

Indonesia Go Open Source ?

External links - Jquery Hari gini masih bayar?? sekarang udah zamannya gretongan hee..hee..alias gratisan.Hampir semua negara maju dan berkembang sekarang sedang menggalakkan Open Source, termasuk Indonesia. Kalau loe-loe semua punya cerita tentang Open source, kita bisa sharing di blog ini atau kalian juga bisa kunjungi http://opensource-indonesia.com. Mari kita dukung Indonesia Open Source.

Indonesia Go Open Source ?

External links - Jquery Want to get rid of the blogger toolbar in new blogger that just came out of beta ? If you have shifted your blogspot blog from old blogger to the new blogger beta, you may have noticed that the previous CSS code to remove the blogger navbar will no longer be effective. That's because Google now uses different CSS tags to display the blogger bar. [#navbar-iframe instead of #b-navbar] If you want to hide the navbar in your blogger blog, here's what you should do ! (these instructions refer to the "new" Blogger layouts templates) GO GET IT GUMGUM:)

Super Sexy Bookmarks Widget for Blogger !

Thumbnail image that says sleek button using photoshop that links to a Photoshop tutoril. Looking for professional Social Bookmark Buttons for your blog ! me too :) however, while i was searching the net too, I came across a post by Naeemnur, that had instructions for Blogger (BlogSpot.com) based blogs which was really good.If you have a blog on blogger you can definitely give this a try.

Its very attractive social bookmarking widget ! it can help you to let your visitors bookmark your page effectively .

for instructions about the use of this SEXY Social bookmarking widget ! you can go here and get it GUMGUM:)

Rabu, 30 Maret 2011

3D Game Engine OGRE

Pembuatan tugas softskill, saya ingin mengungkapkan tentang "3D Game Engine OGRE". Banyak program maupun game engine yang menyediakan untuk merender objek yang sudah dibuat.
Proses Membuat Game
Membuat game adalah proses yang kompleks. Seperti yang telah dijelaskan, ini sama saja dengan kegiatan memprogram ketika membuat perangkat lunak pada umumnya. Ada sesi merancang, membuat flowchart, menulis kode-kode, menguji program, debugging, mengkompil, lalu mendistribusikan. Perbedaan dengan membuat perangkat lunak biasa adalah game memiliki banyak objek kompleks yang unik di luar teknis pemrograman itu sendiri. Maksudnya, suatu game tidak hanya melibatkan penciptaan kode-kode program semata, melainkan juga objek lain seperti musik, SFX, citra 2D dan 3D, animasi, cerita, hukum ekonomi, kecerdasan buatan (AI), dan sebagainya.
Secara sederhana proses pembuatan game dapat dijabarkan sebagai berikut.
1. Merancang/designing.
2. Mewujudkan rancangan.
3. Memprogram/mengcompile.

Dalam merancang/mendesain game, seorang perancang (atau satu tim perancang) mengumpulkan ide-ide dulu selama kurun waktu tertentu. Ide yang dimaksud adalah
1. seperti apa game itu nantinya,
2. genrenya apa,
3. bisa dimainkan oleh berapa orang,
4. memakai sistem skor atau tidak,
5. karakterkarakternya (termasuk sketsa/gambarnya plus biodata juga),
6. aturan-aturan permainan (HP/MP/FP/LP/lainnya),
7. cerita dalam game,
8. berapa level karakter ,
9. perilaku karakter pada tiap-tiap level,
10. equipment/peralatan karakter (pedang, pistol, palu, parang, panah, sekop, helm, pakaian/zirah, tato, bom, senjata mesin, bazoka, dsb.),
11. lingkungan tempat karakter beraksi (termasuk dunia, peta, jalan raya, bangunan, dsb.),
12. kendaraan (mobil, kereta, pesawat, kapal, papan luncur, sepeda motor, dsb.),
13. tipe akhir permainan (closedended atau openended),
14. engine yang akan digunakan,
15. sistem pencahayaan (HDRI atau tidak),
16. hukum ekonomi ( misalnya perbedaan kurs mata uang dalam game, contohnya ada dibRF Online),
17. AI dan sebagainya.
Hmm..membuat game ga cuma sampe kesitu aja, masih banyak lagi yang bisa dijabarin. Pada tulisan ini, selanjutnya akan dibahas mengenai game engine.
Pengertian Engine
Game engine (atau singkatnya disebut engine saja di sini) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan perangkat lunak lain, dalam hal ini, game. Kita bisa menyebutnya game authoring software, game creator tool, software pembuat game, dan sebagainya.
Berikut merupakan contoh-contoh game engine yg berbayar ataupun yg free alias gratis :
Engine Berbayar
Untuk membuat game 3D:
1. 3D Game Maker
2. 3D Game Studio
3. DarkBASIC
4. TrueVision
5. FPS Creator
6. Blade 3D
7. Source
8. Esenthel for commercial
9. Torque 3D
10. Shiva 3D
11. CryEngine
Untuk membuat game 2D:
1. RPG MAKER VX
2. RPG MAKER XP
3. Game Maker Pro

Engine Gratis
Untuk membuat game 3D:
1. Panda 3D *)
2. OGRE *)
3. Esenthel for noncommercial
4. Unity Free Edition
5. G3D *)
6. Genesis3D *)
7. FPS Creator Free Edition
8. DarkBASIC Pro Free Edition
9. Cube 2 (Sauerbraten) *)
10. Unreal Development Kit
11. Platinum Arts Sandbox *)
12. CAST II *)
13. 3D RAD Pro
14. DX Studio
15. Blender *)
16. Angel ( ini enginenya
Nusantara Online) *) **)
17. Irrlicht *)
18. id Tech (a.k.a Doom Engine, yang dipakai membuat Doom 2) *)
19. Quake Engine (yang dipakai menggarap Quake dan HalfLife)
*)
Untuk membuat game 2D:
1. RPG MAKER 2000
2. RPG MAKER 2003
3. 001 Action/RPG Maker
4. Game maker
5. 2D Fighter Maker
6. M.U.G.E.N.
7. Adventure Maker
8. Adventure Game Studio
9. Stratagus *)
10. Battle for Westnoth *)
11. RPG Studio *) **)
12. Scirra Construct*)
Catatan : *) berarti open source sedangkan **) berarti BUATAN INDONESIA.

Dari banyaknya game engin diatas saya akan membahas tentang game engine tentang 3D OGRE yang merupakan open source.


Apa itu OGRE ?
OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif & mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih tinggi.
OGRE mempunyai banyak komuniti yang aktif, salah satunya sourceforge.net yang berdiri sejak Maret 2005. Beberapa karyanga yang sudah ada & dikomersialkan diantaranya game Ankh, Azathoth, & Pasific Strom. Serta baru-baru ini muncul lagi gamenya, yaitu Eihoth 1.4.9 yang rilis pada Mei 2008. Rilisnya dibawah istilah GNU Lesser General Public License.
Informasi Umum :
OGRE hanyalah rendering engine. Seperti pada engine lainnya, hanya saja OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain. Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development / simulasi, OGRE tidak menyediakan audio / physics support.
Pada umumnya ini bisa dikatakan sebagai kelemahan utama dari OGRE, tetapi itu setara setelah melihat kemampuan grafis ada engine ini. Kemempuan utama OGRE adalah graphics engine yang bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mensuport OIS, SDL, dan CEGUI libraries.
Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free / open-source software.
Fitur OGRE :
OGRE mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan, diantaranya :
Desain yang object oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
OGRE mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.
The landscape scene manager untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis & manual.
Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen postprocessing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.
Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.
Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb
 Screeshot 





http://ademalsasa.co.cc
http://magetagame.wordpress.com/2-game-engine/ogre/

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

Pengikut

Bermain sambil belajar Copyright © 2009 REDHAT Dashboard Designed by SAER